Sabtu, 10 Oktober 2015

PULANG

"Ayaah!"

Rania berteriak gembira saat membuka pintu dan mendapati sang ayah dalam seragam loreng kebanggaan, memberinya senyuman paling menawan.

"Ayah kenapa lama? Rania kangen," celoteh Rania sambil memeluk sang ayah, "ayah kok kotor amat? Bau lagi. Pasti Ayah belum mandi!" Gadis kecil itu tiba-tiba melepaskan pelukannya dan menutup hidung, tanpa menunggu jawaban sang ayah.

"Rania ...," bisik lirih ibunda.

Rania tidak memedulikan teguran ibunya, ia tetap menutup hidung lalu melangkah mundur selangkah demi selangkah menjauhi sang ayah. Sebentar kemudian ia berlari dan berloncatan dari kursi ke kursi yang tertata rapi di luar rumah.

Hari itu ibunda Rania memang telah menyiapkan segala keperluan, untuk menyambut kepulangan suami tercinta dari tugas negara menjaga perbatasan di wilayah Papua Nugini. Tiga hari lalu bahkan sang suami ikut terjun langsung dalam upaya pembebasan warga sipil, yang mengalami penyanderaan di wilayah Keerom.

"Sudah Bu, ulah dikejar. Rania teh, biar saya saja yang ngawasin," ucap perlahan seorang tetangga menawarkan bantuan. Ia segera berlari ke arah Rania sambil memperbaiki kerudungnya yang lepas ditiup angin.

Ibu Rania kembali mengalihkan perhatiannya pada sang suami. Dirinya tak kuasa menahan kerinduan. Segera saja ia mendekap dan membelai wajah suaminya. Rasa sesak menggumpal di hati, meledak dalam jerit isak tertahan.

"Bunda kenapa nangis, sih? Kan ayah udah pulang, gak ninggalin kita lagi buat tugas." Rania sudah kembali berlarian di antara ayah ibunya.

"Rania, ulah ganggu Bunda, atuh. Kita main lagi, yuk."

"Gak mau! Aku mau sama-sama ayah. Gak pa-pa bau, yang penting ayah gak pergi lagi."

Gadis kecil itu meronta dalam gendongan tetangganya. Ia menjerit, menangis, memanggili ayah tercinta.

"Bu Ajeng, ambulance sudah siap. Upacara pemakaman Bapak akan segera dilaksanakan. Menunggu titah Ibu."

Tiada jawaban. Sang bunda hanya terus memeluk suaminya yang tersenyum dalam peti jenazah.

Rie||2015

( Alhamdulillah, ini kemarin menang event hari TNI )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar